f]-->
Tanggal 10 Juni 2009 mungkin adalah hari paling bersejarah bagi dua pulau yang bersandingan yaitu MADURA dan JAWA (Surabaya), bagaimana tidak karena pada tanggal 10 juni 2009 oleh presiden SBY telah diresmikan sebuah jembatan diantara kedua pulau tersebut yaitu jembatan SURAMADU dengan panjang 5,4 Km (terpanjang diindonesia) yang menghabiskan biaya sebesar 4,5 triliun. Menilik kebelakang sejenak bahwa ide bersejerah ini pertama kali muncul pada era tahun 1960-an. kala itu Gubernur Jatim Mohammad Noer yang merupakan putra asli madura berangan-angan ingin membangun jembatan sebagai pembuka akses Pulau madura yang merupakan sentra penghasil garam terbesar menuju jawa ( jawa timur) namun karena SDM dan tekhnologi serta dana yang minim sehingga keinginan tersebut terhambat. ide ini kemudian baru bisa diwujudkan hampir berselang 40 tahun yaitu sekitar tahun 2003 pada masa pemerintahan megawati dengan pemancangan pertama sebagai tanda dimulainya pembuatan jembatan suramadu yang dilakukan oleh presiden megawati.
Pembangunan jembatan ini dilakukan oleh dua konsorsium yaitu cina dan indonesia dengan memanfaatkan para kontraktor yang saat ini diberi kepercayaan melaksanakan pembangunan jembatan tersebut. Kontraktor Indonesia terdiri dari empat kontraktor karya nasional.
dengan pengalaman ini tentunya para ahli konstruksi jembatan indonesia harus mampu mengadopsi dan mempelajari tekhnologi konstruksi dari para tenaga ahli china yang membuat jembatan suramadu dan kemudian menerapkannya dalam pembuatan jembatan-jembatan skala besar diera mendatang mengingat negara kita adalah negara kepulauan, jadi tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti semua pulau yang ada dinegara ini bisa terhubung oleh jembatan dan yang pasti negara indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara kepulauan tapi NEGERI SERIBU JEMBATAN. bagaimana..? ada yang terinspirasi..?