f]-->
Sungguh menyedihkan bila MAHA KARYA (Jembatan Suramadu) bangsa ini dinodai oleh tangan-tangan jahil dengan banyak terjadi aksi pencurian di Jembatan Suramadu, seperti mur pagar pembatas jembatan jalur roda dua dan roda empat. Selain itu, lampu penerangan di bawah lantai jembatan sebanyak 42 buah juga hilang seperti dilaporkan resmi kontraktor asal China.
Pencurian aset berupa mur dan lampu ini berada di area bentang tengah (main span) Jembatan Suramadu. Aksi pencurian ini diduga terjadi saat ujicoba gratis jembatan pada Sabtu (13/6/2009) dan Minggu (14/6/2009) kemarin. Hingga saat ini, pelaku pencurian belum diketahui. wah..wah..wah..sungguh keterlalulan hanya MUR dan BAUT saja ada yang mau mengkoleksi ya..ya hanya karena diminati alias dicolong atau dirongsokin oleh mereka yang bermental rusak, mungkin kita perlu balik kebelakang dulu untuk merenung betapa panjangnya perjalanan ide dari pembuatan jembatan suramadu tersebut hingga saat ini bisa terwujud. Bayangkan saja ide yang digadang-gadang oleh Mochamad Noer (M. Noer) kala menjabat wakil bupati Bangkalan periode 1950 menangkap perlunya dibangun jembatan. yang selanjutnya Setelah menjadi gubernur Jatim pada 1967, gagasan Noer ditangkap pakar konstruksi penggagas fondasi cakar ayam, Prof Dr Sedyatmo (alm).
Gagasan dan konsep pengembangan jembatan antarpulau tersebut, menurut pria berumur 91 tahun itu, secara gigih disampaikan kepada Soeharto pada 1986. Empat tahun setelah dikaji, keluar Keputusan Presiden Nomor 55/1990 tentang Proyek Pembangunan Jembatan Suramadu dengan ketua tim pengarah Menristek B.J. Habibie. dan baru pada bulan agustus 2003 pemancangan pertama jembatan suramadu dilakukan oleh presiden megawati dan tanggal 10 juni 2009 kemarin baru diresmikan oleh presiden SBY.
Haruskah hanya karena sesuap nasi mental bangsa ini berubah sedemikian rendah..? sungguh menyedihkan memang betapa tidak MAHA KARYA anak bangsa ini dipreteli sedikit demi sedikit demi sesuap nasi..? atau demi sejarah (jembatan terpanjang pertama diindonesia kemudian dimusium pribadikan)..? apapun alasannya hal ini tidak boleh terulang ataupun terjadi dikemudian hari. Karena bila hal itu masih terjadi mungkin besok-besok tidak hanya MUR dan BAUT atau lampu penerangnya saja yang diambil tapi kawat bentang pun suatu saat akan diambil juga dan prediksi umur dari jembatan yang diramalkan bisa bertahan 100 tahun tidak akan terwujud. ANAK BANGSA...!!!!!! mari kita jaga bersama MAHA KARYA ini HINGGA SERIBU TAHUN.